Membuat animasi menggunakan macromedia flash 8

MEMBUAT ANIMASI TATA SURYA MENGGUNAKAN MACROMEDIA
FLASH 8

Abstraksi

Makalah ini membahas tentang pengertian animasi, jenis-jenis animasi, dan
bagaimana cara membuat animasi.

Pendahuluan

1. Pengertian Animasi

Animasi berasal dari bahasa latin yaitu Anima yang berarti memberi nyawa,
hidup, jiwa dan semangat. Animasi adalah gambar bergerak berbentuk dari
sekumpulan objek (gambar) bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan
yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan
pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Animasi merupakan salah

satu grafika komputer yang menyajikan tampilan-tampilan yang sangat atraktif
dimana dapat ditampilkan secara berurutan dengan cepat untuk mensimulasi
gerakan yang hidup. Di dalam multimedia, animasi merupakan penggunaan dari
komputer untuk menciptakan gerakan pada layar. Kesimpulan dari pengertian
animasi yang sudah ada bahwa animasi mewujudkan suatu teknik untuk
menciptakan sebuah karya audio dan visual yang berdasarkan pada pengaturan

waktu dan gambar.

2. Jenis Jenis Animasi

Terdapat beberapa jenis animasi yang ada saat ini, jenis jenis ini menghasilkan
animasi yang berbeda-beda dan kualitas yang berbeda pula. Pemilihan jenis
animasi tergantung kepada kebutuhan. Berikut ini jenis-jenis animasi tersebut:

  • Motion Path: Motion Path adalah jenis animasi untuk sebuah simbol yang bergerak mengikuti suatu lintasan.
  • Animasi Marque: Animasi ini bisa kita temukan di website-website menampilkan barisan teks yang berjalan dari sisi kanan ke sisi kiri atau sebaliknya.
  • Animasi Fade: Kita sering melihat animasi sebuah objek dari semula utuhlalu lambat laun memudar dan menghilang, jenis animasi semacam inidisebut animasi fade.
  • Animasi Rotasi: Sesuai dengan namanya, objek dibuat bergerak memutar,seperti animasi jam, model kincir, putaran roda, dan lain-lain. Arahnya bisa searah jarum jam (CW: Clock Wise) atau berlawanan dengan jarum jam (CCW: Counter Clock Wise).
  • Animasi Blink: Jenis animasi ini objek dibuat berkedip seperti bintang antau lampu disco.
  • Animasi Shape: Animasi Shape adalah animasi perubahan bentuk dari semula objek menjadi text atau sebaliknya.
  • Animasi Masking: Animasi Masking adalah jenis animasi yang bergerak menutupi objek.

3. Cara Membuat Animasi Bergerak Menggunakan Macromedia Flash 8

Animasi adalah sebuah gambar yang bisa begerak yang terbuat dari beberapa
kumpulan objek (gambar) dengan waktu jeda tertentu. Animasi biasanya dalam
format GIF (Graphic Interchange Format). Untuk membuat animasi gambar
bergerak dengan format GIF banyak sekali software yang bisa kita
gunakan diantaranya yaitu Macromedia Flash 8, Vectorian Giotto, PhotoScape,
PhotoShop dan lain-lain. Dalam tutorial ini saya menggunakan
software Macromedia Flash 8. Jika belum punya software ini silahkan download
dulu lalu install. Biasanya kalau software yang free akan aktif selama 30 hari. Jadi
tidak ada salahnya kita pakai yang free dulu kalau sekedar ingin belajar atau
mencoba. Sekarang mari kita membuat sebuah animasi menggunakan software
Macromedia 8. Disini saya akan membuat sebuah mobil sedang berjalan seperti
contoh dibawah ini.

Pembahasan
Berikut adalah tahapan-tahapan pembuatan animasi menggunakan Macromedia Flash.

Langkah ke - 1
Buka Macromedia Flash sobat, lalu buat dokumen baru yaitu Flash
Document.


Langkah ke - 2

Ubah nama layer 1 menjadi Background. Kemudian ubah warna
backgroundnya menjadi hitam.


Langkat ke -3

kemudian klik tombol Insert Layer. Selanjutnya ubah nama layernya menjadi bintang



Langkah ke - 4

Selanjutnya kita akan membuat objek seperti bintang-bintang di luar
angkasa. Pilih Brush Tool (B), kemudian pilih warna brushnya dengan
warna putih, Lalu atur ukuran brushnya dengan ukuran paling kecil.



Langkah ke - 5

Pada layer bintang tadi, klik lah pada background untuk membuat
objek seperti titik-titik cahaya bintang

Langkah ke - 6

Kemudian buat layer baru lagi dengan nama matahari.


Langkah ke - 7

Pilih Oval Tool (O) kemudian pilihlah warna Radial Merah. Lalu
buatlah objek lingkaran di tengah-tengah background. Agar objek
lingkaran bulat sempurna, tekan Shift saat membuat objek lingkaran.

Langkah ke - 8
Kemudian pada semua layer, klik di Frame 45, kemudian klik
kanan > Insert Keyframe. Atau bisa dengan menekan F6
Langkah ke - 9
Kembali ke Frame 1, lalu buat layer baru dengan nama Planet 1


Langkah ke - 10
Buatlah objek lingkaran dengan warna Radial Green.

Kemudian pada Frame 45 >
Insert Keyframe.
Langkah ke - 11
Masih pada layer Planet 1, klik kanan > Add Motion Guide.

Langkah ke -12
Pilih Oval Tool (O), atur warna Outlinenya dengan warna putih kemudian
untuk warna pilih No Color.
Langkah ke - 13
Sekarang kita putus garis lingkaran tadi. Lock layer Planet 1 dengan
mengklik titik kedua pada layer. Lihat gambar dibawah
Langkah ke - 13
Sekarang kita putus garis lingkaran tadi. Lock layer Planet 1 dengan
mengklik titik kedua pada layer. Lihat gambar dibawah
Kemudian putus lingkaran dengan menggunakan Eraser Tool tadi.
Setelah itu hilangkan Lock Layer dengan cara kembali mengklik titik
tersebut.

Langkah ke - 14
Pastikan titik tengah objek lingkaran berada tepat di titik awal garis
tersebut. Gunakan Selection Tool (V) untuk memindahkan objek tersebut.

Langkah ke - 15
Kemudian pindah ke Frame 45, kemudian pindah objek lingkaran ke garis
akhir lingkaran tersebut.


Langkah ke - 16
Klik kanan pada Layer Planet 1 > Pilih Create Motion Tween

Langkah ke - 17
selanjut ya masukan gambar gamabar yang di ingin kan seperti
seperti pesawat dan meteor dan tempatkan pada tempat Yang di
ingin kan


Langkah ke – 18

Masukan animasi kedalam gambar gambar yang sudah di
masukan dan atur waktu nya 


Langkah ke – 19
Masukan animasi penutup

Langkah ke - 20
Untuk menjalanjakan nya tekan ctrl-enter 

Daftar pustaka
https://adventino.wordpress.com/2016/01/13/pengertian-animasi-jenis-jenis-prinsip-
utama-perbadaan-cell-animation-dan-digital-animation/
http://www.mandalamaya.com/pengertian-animasi-dan-jenis-jenis-animasi/
http://tittiduit.blogspot.co.id



Komentar

Postingan Populer