Pengantar Teknologi Sistem Cerdas



SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT KULIT WAJAH BERBASIS MOBILE

ABSTRAK

 Wajah merupakan salah satu bagian yang paling penting dari penampilan. Tidak harus memiliki wajah cantik dan berkulit putih untuk bisa tampil menarik, tetapi dengan memiliki kulit wajah yang sehat dan bersih pun kita dapat tampil dengan menarik dan percaya diri. Sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit kulit wajah merupakan suatu sistem pakar yang dirancang sebagai alat bantu dalam mendiagnosa penyakit kulit wajah bagi para penderita dengan tujuan dalam pengambilan keputusan. Sehingga diharapkan sistem pakar ini dapat membantu para ahli dalam mendiagnosa penyakit kulit wajah. Tujuan dari sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit kulit wajah berbasis mobile ini agar dapat digunakan oleh user untuk dapat mengetahui penyakit kulit wajah yang diderita. Dengan menggunakan sistem pakar ini diharapkan dapat mengurangi kesalahan manusia dalam mendiagnosa penyakit kulit wajah karena sistem ini sangat membantu masyarakat hanya cukup memegang handphone saja dapat mengetahui penyakit kulit wajah yang dialami serta solusi atau cara pengobatannya. Aplikasi yang digunakan menggunakan bahasa pemograman Java dan basis data Mysql.


PENDAHULUAN

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dibidang teknologi informasi, dalam sisi kehidupan tidak terlepas dari komputerisasi termasuk dunia kesehatan. Langkanya ketersediaan seorang pakar untuk menangani suatu bidang keahlian tertentu dapat menghambat kelancaran penyelesaian pekerjaan dalam bidang tersebut.

Sebagai contoh yaitu dibidang penyakit kulit wajah. Hal ini tentu saja akan menghambat aktivitas pihak yang meneliti tentang penyakit kulit wajah, karena akan memakan waktu yang lama untuk menentukan letak penyakit yang diteliti oleh setiap orangnya. Analisa dan penentuannya dapat saja dilakukan oleh seorang yang telah mengerti tentang teknik penyakit, tetapi apabila orang tersebut belum memiliki pengetahuan yang cukup, akan mengakibatkan hasil penentuan-penentuan yang akan berakibat fatal.

Sistem pakar ini nantinya akan mempermudah diagnosa secara cepat mengenai penyakit kulit wajah, serta menemukan solusi dari penyakit tersebut. Sistem pakar ini akan lebih terasa efektif serta efisien, apabila pengguna dapat dengan mudah dan cepat mudah mendapatkan informasi dimana pun dan kapan pun. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi sistem pakar berbasis mobile yang bersifat dinamis.

Tujuan penulisan sistem pakar ini adalah membuat aplikasi yang dapat mendiagnosa panyakit kulit wajah, yaitu aplikasi sistem pakar (expert system). Manfaat yang didapat dari sistem pakar ini adalah memberikan pengetahuan bagi pihak - pihak yang membutuhkan informasi mengenai penyakit kulit wajah. Selain itu sistem pakar ini juga dapat digunakan oleh calon pakar sebagai dokumentasi untuk menuangkan pengetahuannya kedalam
database.

 LANDASAN TEORI

Konsep Dasar Kecerdasan Tiruan

Artificial Intelligence atau hanya disingkat AI) didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.
Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon. Di sisi lain, hal yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan, sampai sekarang masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika. Seperti contoh: Pengenalan Obyek/Muka, bermain sepak bola.
'Kecerdasan buatan' ini bukan hanya ingin mengerti apa itu sistem kecerdasan, tapi juga mengkonstruksinya.
Tidak ada definisi yang memuaskan untuk 'kecerdasan':
  1. kecerdasan: kemampuan untuk memperoleh pengetahuan dan menggunakannya
  2. atau kecerdasan yaitu apa yang diukur oleh sebuah 'Test Kecerdasan'
Sistem Pakar

 Menurut Siswanto (2005), sistem pakar atau sistem berbasis pengetahuan adalah yang paling banyak aplikasinya dalam membantu menyelesaikan masalah-masalah dalam dunia nyata. Perangkat lunak ini dapat sekali dijalankan oleh perangkat komputer pribadi, sehingga untuk aplikasi kecerdasan tiruan ini dapat dilakukan dengan mudah dan dengan biaya yang relatif lebih murah.

Komponen Sistem pakar

Bila si pakar menemukan pengetahuan dan aturan-aturan yang baru dari pengalaman bekerja. Sebuah sistem pakar dapat berjalan karena adanya komponen-komponen yang saling barhubungan. Tidak adanya salah satu komponen akan menyebabkan sistem pakar tidak dapat digunakan.
Menurut Siswanto (2005)  komponen-komponen sistem pakar tersebut adalah sebagai berikut: 1) Basis Pengetahuan (Knowledge Base), Basis pengetahuan merupakan representasi dari pengetahuan (knowledge representation) dari seorang pakar. Basis pengetahuan tersusun atas fakta yang berupa obyek dan aturan (rule). Daftar fakta-fakta
(facts list) berisikan hasil observasi dan sesuatu kenyataan yang dibutuhkan selama pengolahan. Basis pengetahuan ini adalah inti dari pemrograman sistem pakar yang menyimpan informasi dan aturan-aturan bagi sistem pakar.

2) Mesin Inferensi (Inference Engine) yaitu Mesin inferensi merupakan bagian sistem pakar yang mengandung mekanisme fungsi berpikir dan pola pola penalaran sistem yang digunakan oleh seorang pakar. Mekanisme ini juga berguna untuk menguji aturan dalam urutan tertentu untuk mencari yang sesuai dengan kondisi awal atau yang sedang berjalan. Kemudian diarahkan untuk mengendalikan langkah-langkah yang diambil untuk menyelesaikan masalah. Teknik Penelusuran (Searching)
a)Teknik Depth-First Search Adalah teknik penelusuran data pada node-node secara vertical dan sudah terdefinisi, misalnya kiri ke kanan, keuntungan pencarian dengan teknik ini adalah bahwa penelurusan masalah dapat di gali secara mendalam sampai di temukannya kapasitas suatu solusi yang optimal. Kekurangan teknik penelesuran ini adalah membutuhkan waktu yang sangat lama untuk ruang lingkup masalah yang besar
b)Teknik Breadth-First Search
Adalah teknik penelusuran data pada semua
node dalam satu level atau salah satu tingkatan sebelum ke level atau tingkatan di bawahnya. Keuntungan pencarian daengan teknik ini adalah sama dengan depth first search, hanya saja penelusuran dengan tehnik ini mempunyai nilai tambah, dimana semua node akan di cek secara menyeluruh pada setiap tingkatan node. Kekurangan teknik penelusuran ini terletak pada waktu yang dibutuhkan yang sangat lama apabila solusi berada dalam posisi node terakhir sehingga menjadi tidak efisien.
c)Teknik Best-First Search
Adalah teknik penelusuran yang menggunakan pengetahuan akan suatu masalah untuk melakukan
panduan pencarian ke arah node tempat dimana solusi berada. Pencarian jenis ini dikenal juga sebagai heuristic. Pendekatan yang dilakukan adalah mencari solusi yang terbaik berdasarkan pengetahuan yang dimiliki sehingga penelusuran dapat ditentukan harus di mulai dari mana dan bagaimana menggunakan proses terbaik untuk mencari solusi. Keuntungan jenis pencarian ini adalah mengurangi beban komputasi karena hanya solusi yang memberikan harapan saja yang diuji dan akan berhenti apabila solusi sudah mendekati yang terbaik. Ini merupakan model yang menyerupai cara manusia mengambil solusi yang dihasilkan merupakan solusi yang mutlak benar.

ANALISA MASALAH DAN RANCANGAN SISTEM

Analisa Masalah
 
Untuk mendiagnosa penyakit kulit wajah perlu melakukan konsultasi ke dokter kesehatan kulit wajah atau klinik perawatan kulit wajah, namun dengan cara ini tidak semua orang memiliki banyak waktu dan
biaya yang cukup. Penerapan sistem pakar dalam penyakit kulit wajah meliputi pengumpulan data gejala, penyakit, dan pengobatan dalam permasalahannya. Untuk penyakit kulit wajah ini dibutuhkan sistem pakar yang dapat digunakan tidak hanya terpaku pada suatu tempat seperti komputer, tetapi lebih dibutuhkan perangkat yang sifatnya mobile agar bisa digunakan dimana saja. Pada pengembangan serta implementasi keseluruhan ke dalam program, penulis menggunakan sistem operasi Windows, bahasa pemrograman JAVA, database MYSQL, tools JavaME Sun Java (TM) Wireless Toolkit 2.5.1

 Rancangan Sistem

Sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit kulit wajah yang diusulkan ialah berbasis mobile agar dapat memudahkan penerimaan informasi secara cepat dan dapat segera mengambil tindakan terhadap penyakit yang muncul pada kulit wajah. Sistem ini memiliki beberapa proses sebelum mencapai sebuah keputusan yaitu proses pertanyaan dan proses memilih jawaban yang disediakan.

KESIMPULAN

Dari hasil perancangan dan pembuatan sistem
pakar untuk mendiagnosa penyakit kulit wajah berbasis mobile dapat diambil kesimpulan diantaranya : aplikasi sistem pakar ini dapat mendiagnosa penyakit kulit wajah dan solusinya. program sistem pakar ini diharapkan dapat membantu masyarakat pada umumnya dan staf Maharis Clinic pada khususnya untuk dapat menyelesaikan masalah mendiagnosa penyakit kulit wajah. Sistem pakar yang dibuat ini masih memiliki banyak kekurangan, untuk pengembangan sistem pakar berikutnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pengembangan sistem pakar berikutnya menjadi lebih baik lagi. Diharapkan kedepannnya sistem ini masih dapat dikembangkan dengan menggunakan metode lain untuk mendiagnosa penyakit kulit wajah pada manusia.

DAFTAR PUSTAKA

https://id.wikipedia.org/wiki/Kecerdasan_buatan

Komentar

Postingan Populer