Grafik komputer dan pengolahan citra

Implementasi Grafik Komputer & Pengolahan citra

    Grafika Komputer adalah proses untuk menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun latar belakang yang terkandung pada gambar tersebut. Grafika komputer merupakan teknik untuk membuat gambar obyek sesuai dengan obyek tersebut di alam nyata (realism).
     Grafika komputer bertujuan menghasilkan gambar/citra (lebih tepat disebut grafik/picture) dengan primitif-primitif geometri seperti garis, lingkaran, dsb. Primitif-primitif geometri tersebut memerlukan data deskriptif untuk melukis elemen-elemen gambar. Data deskriptif : koordinat titik, panjang garis, jari-jari lingkaran, tebal garis, warna, dsb. Grafika komputer berperan dalam visualisasi dan virtual reality.
Semakin canggih paralatan pendukung grafik komputer yang beredar di pasaran maka semakin banyak bidang yang memanfaatkan grafik komputer. Pada kehidupan sehari-hari semakin sering memanfaatkan grafik komputer dalam memvisualisasikan kegiatan-kegiatan yang sedang berlangsung di lingkungan tersebut. Berikut ini adalah beberapa contoh penerapan grafik computer berbagai bidang:


1.bidang pendidikan





grafik komputer pada pendidikan dapat digunakan untuk mempresentasikan kepada murid agar lebih mudah dimengerti , contohnya powerpoint dan lain lain
 


2. Bidang Hiburan

Pada saat ini hampir semua acara hiburan di TV banyak menggunakan grafik komputer dan pengolahan citra. Mulai dari film kartun, iklan dan sampai acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer. Grafik komputer dapat menghasilkan efek animasi film semakin baik dan menarik.
 


3.Bidang desaign
    Dalam proses desain grafika komputer terutama digunakan pada sistem engineering dan arsitektur
 

4. Computer Art
Metode grafika komputer digunakan dalam aplikasi commercial art dan fine art. Seniman menggunakan bermacam-macam perangkat lunak grafik, dan kadang dilengkapi dengan perangkat keras khusus. Contoh perangkat lunak yang digunakan yaitu Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Macromedia, dan sebagainya.

PENGOLAHAN CITRA


adalah salah satu cabang dari ilmu informatika. Pengolahan citra berkutat pada usaha untuk melakukan transformasi suatu citra/gambar menjadi citra lain dengan menggunakan teknik tertentu.


Contoh pengolahan citra

A. Bidang Militer

* Mengenali sasaran peluru kendali melalui sensor visual.
* Mengidentifikasi pesawat musuh melalui radar


B. Bidang Medis / Kedokteran

* Mendeteksi retak/patah tulang dengan CT Scan.
* Rekonstuksi foto janin dengan usg.



C.Bidang olahraga

 sensor gol pada gawang diolahraga sepakbola




https://chiaisadora.wordpress.com/2011/10/11/contoh-aplikasi-grafik-komputer-dan-pengolahan-citra/

Komentar

Postingan Populer